Pengelolaan kehasilan harta waqaf kepada masjid

Lajnah Bahsul Masail MUDI mesra Menimbang :

  1. bahwa permasalahan pengelolaan harta waqaf adalah hal yang umum terjadi dalam masyarakat.
  2. bahwa sering terjadi kesalahpahaman dalam masyarakat tentang pengelolaan kehasilan harta harta wakaf kepada mesjid.
  3. bahwa agar pengelolaan kehasilan dari harta waqaf kepada mesjid sesuai dengan tuntunan syari’at dan tidak terjadi percekcokan dalam masyarakat, LBM memandang perlu menetapkan keputusan tentang Pengelolaan Kehasilan Harta Waqaf Kepada Mesjid untuk dijadikan pedoman bagi pihak-pihak yang membutuhkan.
Mengingat: 
 Nas Syeikh Syarwani dalam Hasyiah Tuhfah Juz VI hal 325.
فرع) …ويصرف ريع الموقوف على المسجد وقفا مطلقا أو على عمارته فى البناء والتجصيص للمحكم والسلم والبوارى للتظليل بها والمكانس ليكنس والمساحى لينقل بها التراب وفى ظلة تمنع إفساد خشب الباب بمطر ونحوه إن لم تضر بالمارة وفى أجرة قيم لا مؤذن وإمام وحصر ودهن لأن القيم يحفظ العمارة بخلاف الباقى فإن كان الوقف لمصالح المسجد صرف من ريعه لمن ذكر لا فى التزويق والنقش بل لو وقف عليها لم يصح اهـ مغنى
زاد النهاية وهذ المذكور من عدم صرف ذلك للمؤذن والإمام فى الوقف المطلق هومقتضى ماقاله الروضة عن البغوى لكنه نقل بعده عن فتاوى الغزالى انه يصرف لهما كما فى الوقف على مصالحه وكما فى نطيره من الوصية للمسجد وهذا هو الأصح ويتجه إلحاق الحصر والدهن بهما فى ذلك إهـ
 
 Nas Syekh Qulyubi dalam Hasyiah Mahalli Juz III hal 108
فروع) عمارة المسجد هى البناء والترميم والتجصيص للإحكام والسلم والبوارى للتظليل أو لمنع صب الماء فيه لتدفعه لنحو شارع والمساحى وأجرة الفيم
ومصالحه تشمل ذلك وماء لمؤذن وإمام ودهن للسراج وقناديل لذلك
والوقف مطلقا يحمل على المصالح
تنبيه) لو زاد ريع ماوقف على المسجد لمصالحه أو أو مطلقا أدخر لعمارته وله شراء شىء به مما فيه زيادة غلته ولو زاد ريع ما وقف لعمارته ولم يشتر منه شىء ويقدم عمارة عقاره على عمارته وعلى المستحقين وان لم يشترطه الواقف كذا فى العباب
ويجب على ناظر الوقف إدخار شىء مما زاد لعمارته وشراء عقار بباقيه وأفتى بعض المتأخرين بجواز الإتجار فيه إن كان من وقف مسجد وإلا فلا وسيأتى إقراضه
 
Nas Syekh Umairah dalam Hasyiah Mahalli Juz III hal 110
فرع) فضل من ريع الوقف شىء هل يجوز الإتجار فيه أفتى بعض المتأخرين بالجواز إن كان للمسجد وإلا فلا

 

 Nas Syekh Zainuddin Al-Malibari dalam Fathu al-Mu’in Juz III hal 182
ويصرف ريع الموقوف على المسجد مطلقا أو على عمارته فى البناء ولولمنارته وفى التجصيص المحكم والسلم وفى أجرة القيم لا المؤذن والإمام والحصر والدهن إلا ان كان الوقف لمصالحه فصرف فى ذلك لا فى التزويق والنقش وماذكرته من أنه لا يصرف للمؤذن والإمام فى الوقف المطلق هو مقتضى مانقله النواوى فى الروضة عن البغوى لكنه لكنه نقل بعده عن فتاوى الغزالى انه يصرف لهما وهو الاوجه كما فى الوقف على مصالحه

 

Nas Dalam Fatawi Kubra Syekh Muhammad Ramli Juz III, hal 69
سئل) عما اجاب به السبكى أن للناظر أن يتجر فى مال المسجد لأنه كالحر دون غيره هل هو المعتمد أم لا؟ وما الفرق بين المسجد وغيره؟
فأجاب) بأنه المعتمد والفرق بين المسجد وغيره ماذكره أن المسجد كالحر أى فى أنه يملك بالشراء والهبة والوصية والشفعة ونحوها بخلاف غيره

 

Memperhatikan:
Pendapat peserta Mubahasah Lajnah Bahsul Masail pada hari Ahad, tanggal 13 Shafar 1430 H./08 Februari 2009 M.

MEMUTUSKAN
Menetapkan: 

KEPUTUSAN TENTANG PENGELOLAAN HASIL HARTA WAQAF KEPADA MESJID

Pertama:
Macam-macam Waqaf Kepada Mesjid

  1. Waqaf secara mutlak.
  2. Waqaf untuk maslahah.
  3. Waqaf untuk ‘imarah
  4. Waqaf untuk salah satu maslahah (yang selain ‘imarah) yang ditentukan (disyaratkan) oleh si waqif.

Kedua:
Cara Pengelolaan Masing-masing Hasil dari Harta Waqaf Tersebut.

  1. Waqaf yang mutlak dihamalkan kepada maslahah. Maka hukum pengelolaan hasil dari harta waqaf yang mutlak dan yang untuk maslahah adalah sama.
  2. Hasil dari harta Waqaf yang untuk ‘imarah, maka tertentu pemakaiannya untuk ‘imarah.
  3. Hasil dari harta waqaf yang disyaratkan untuk maslahah tertentu, maka dipergunakan untuk maslahah tertentu tersebut (merealisasikan syarat si waqif).

Ketiga: 
Cara Pengelolaan Sisa (Kelebihan) Dari Harta Waqaf yang Mutlak dan yang Untuk Maslahah.

  1. Sisa dari hasil harta waqaf yang mutlak/untuk maslahah di simpan oleh nadhir atau dibeli tambahan aset yang dapat meningkatkan kehasilan (iqar).
  2. Wajib menyimpan sisa dari hasil harta waqaf (mutlak/untuk maslahah) sebagai persiapan untuk imarah, dan selebihnya dibelikan aset (‘iqar).
  3. Jika sisa tersebut tidak dibelikan aset yang lain, maka mesti diutamakan untuk ‘imarah aset (‘iqar) dibanding imarah mesjid dan mustahiqqin.
  4. Menurut sebagian Ulama Mutaakkhirin : boleh mempergunakan sisa dari hasil harta waqaf (mutlak/ maslahah) untuk tijarah (dijadikan modal usaha).

Di tulis oleh (Lajnah Bahtsul Masail Mahadal Ulum Diniyah Islamiah)
Pada tanggal 20.3.12

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: